Sabtu, 04 Juli 2015

Referensi kesehatan



Jahe Merah

Orang yang Fobia Homoseksual Bisa Jadi Punya Masalah Psikologis
            jahe merah rimpangnya berwarna merah dan lebih kecil dari pada jahe putih kecil, jahe merah selalu dipanen setelah berumur tua. Jahe ini memiliki kandungan minyak atsiri paling tinggi dibandingkan dengan 2 klon lainnya, sehingga cocok untuk ramuan obat-obatan sejak dulu jahe dipergunakan sebagai obat, atau bumbu dapur dan aneka keperluan lainnya, jahe dapat merangsang kelenjar pencernaan, baik untuk membangkitkan nafsu makan dan pencernaan. Jahe yang digunakan sebagai bumbu masak terutama berkhasiat untuk menambah nafsu makan, memperkuat lambung, dan memperbaiki pencernaan. Hal ini dimungkinkan karena terangsangnya selaput lendir perut besar dan usus oleh minyak atsiri yang dikeluarkan rimpang jahe.

1.Sejarah jahe merah
            Jahe merupakan tanaman obat berupa tumbuhan rumpun berbatang semu. Jahe berasal dari Asia Pasifik yang tersebar dari India sampai Cina. Oleh karena itu kedua bangsa ini disebut-sebut sebagai bangsa yang pertama kali memanfaatkan jahe terutama sebagai bahan minuman, bumbu masak dan obat-obatan tradisional. Jahe termasuk dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae), se-famili dengan temu-temuan lainnya seperti temu lawak (Cucuma xanthorrizha), temu hitam (Curcuma aeruginosa), kunyit (Curcuma domestica), kencur (Kaempferia galanga), lengkuas (Languas galanga) dan lain-lain. Nama daerah jahe antara lain halia (Aceh), beeuing (Gayo), bahing (Batak Karo), sipodeh (Minangkabau), jahi (Lampung), jahe (Sunda), jae (Jawa dan Bali), jhai (Madura), melito (Gorontalo), geraka (Ternate), dsb.

2. Manfaat dan Khasiat Jahe Merah Untuk Kesehatan Tubuh Kita
            Jahe merupakan rempah-rempah khas Indoesia yang banyak berperan sebagai obat tradisional. Salah satu jenis jahe yang banyak memiliki manfaat bagi tubuh adalah jahe merah. Jahe merah biasa dipatok dengan harga yang lebih mahal dibanding jahe biasa. Tentu hal tersebut karena kandungannya yang lebih tinggi. Jahe merah biasa digunakan untuk pembuatan jamu tradisional. Hal tersebut dikarenakan jahe merah memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita. Apa saja manfaat dan khasiat jahe merah bagi kesehatan kita? berikut akan saya berikan ulasan lengkap mengenai hal tersebut.
            Manfaat dan khasiat jahe merah yang pertama adalah sebagai obat batuk. Jahe merah mengandung zat yang mampu membuat otot disekitar tenggorokan menjadi lebih lemas. Tak hanya itu saja, jahe merah juga mampu menciptakan rasa hangat didaerah tenggorokan. Itulah yang membuat jahe merah menjadi obat yang sangat ampuh untuk mengatasi sakit batuk. Anda dapat mengkonsumsi jahe merah dalam bentuk minuman hangat atau olahan jahe yang lain.

Manfaat dan khasiat jahe merah yang berikutnya adalah untuk mencegah mabuk kendaraan. Jahe merah mengandung zat yang mampu menetralisir zat-zat pemicu mabuk kendaraan. Ketika anda mengkonsumsi olahan jahe merah, perut akan terasa hangat. Aroma khas dari jahe merah juga mampu mengurangi sakit kepala.
Manfaat dan khasiat jahe merah yang ketiga adalah untuk menyembuhkan rematik. Anda perlu membuat ramuan yang terdiri atas rempah-rempah lain agar khasiat yang diberikan dapat lebih terasa. Selain menyembuhkan rematik, jahe merah juga mampu mengatasi masalah pegal linu yang kerap kali menyerang para pekerja berat.
Manfaat dan khasiat jahe merah yang keempat adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Jahe merah mengandung senyawa yang mampu mengurangi resiko tulang keropos yang sering menyerang pria dan wanita di usia lanjut. Anda dapat memperoleh manfaat ini dengan cara rutin mengkonsumsi olahan berbahan jahe merah.
Manfaat dan khasiat jahe merah yang kelima adalah sebagai obat sakit kepala. Untuk menyembuhkan sakit kepala dengan jahe merah, anda hanya perlu minum minuman hangat berbahan jahe merah.
Itulah beberapa manfaat dan khasiat jahe merah yang dapat kita peroleh untuk kesehatan tubuh kita. Artikel lain yang mengkin menarik untuk anda baca yaitu 4 Tips Cara Memutihkan Wajah Yang Sehat dan Aman. Semoga bermanfaat.









0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Z.Tarigan.com | Bloggerized by Jack Tak - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms